Jumat, 06 November 2009

Pentingkah Menjadi Orisinal (oleh Yessica Sien Targo)

Apa itu orisinal? Pertanyaan tersebut mungkin sering muncul dalam pikiran sebagian dari kita. Orisinal dapat didefinisikan sebagai asli, atau menjadi diri sendiri tanpa mengekor orang lain. Percaya atau tidak setiap orang pasti mempunyai sifat orisinal dalam dirinya. Sebagian dari kita mungkin masih tidak memahami sisi orisinal dalam dirinya masing-masing, bukti yang paling sederhana adalah tidaklah mungkin ada dua orang memiliki ide atau gagasan yang sama persis. Hal ini menunjukkan bahwa setiap orang memiliki sisi orisinalnya dri dalam dirinya masing-masing.

Apakah kita ingin selalu mengekor orang lain? Tentu saja tidak. Oleh karena itu kita harus selalu berusaha untuk menjadi orisinal. Memang manusia adalah makhluk sosial yang tidak mungkin hidup sendiri tanpa bantuan manusia lainnya, tetapi yang harus kita lakukan adalah jangan terus menerus meminta bantuan orang lain untuk melakukan tugas atau kewajiban kita, kita harus selalu yakin bahwa kita mampu mengerjakan tugas dan kewajiban kita. Dengan langkah kecil dalam pikiran kita tersebut, maka lama kelamaan sisi orisinal dalam diri kita pastinya akan meningkat.

Yang perlu kita ingat adalah menjadi orisinal itu penting. Jika setiap manusia di dunia ini memiliki sisi orisinal masing-masing, tentunya akan banyak sekali perkembangan-perkembangan baik dalam kehidupan kita, contohnya :
  • tidak ada lagi kasus plagiarism, karena setiap orang mampu menciptakan karyanya masing-masing tanpa meniru karya orang
  • tidak adanya pembajakan, karena setiap orang menghargai orisinalitas orang lain.
  • dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar