Minggu, 03 Januari 2010

CREATIVE (oleh Alfons Gunawan)


5000 tahun lalu, peradaban cina kuno membagi jenis pekerjaan menjadi 3: militer, pedagang, dan seniman. Disarankan militer, jika seseorang memiliki sisi disiplin yang kuat. Pedagang, jika seseorang memiliki sisi perhitungan yang baik dan cukup "rakus". Dan seniman, jika seseorang memiliki daya kreativitas yang tinggi.

Yang cukup menarik adalah, bahwa seseorang dapat dilihat dia memiliki disiplin yang kuat, perhitungan yang baik, ataupun kreativitas yang tinggi berdasarkan bentuk fisiknya. Dengan melihat garis tangan, bentuk muka, bentuk tubuh, seseorang dapat ditentukan sisi mana yang paling kuat.

Dan 5000 tahun yang lalu, ketika dunia belum sedinamis sekarang, ke-3 nya merupakan profesi utama dalam kekaisaran. Jumlahnya pun sama banyak, antara jumlah tentara, pedagang, dan seniman.

Pada dunia yang sekarang, ketika dunia tidak lagi terbagi menjadi 3 profesi, melainkan ribuan, Anda tidak dapat mengatakan seseorang lebih cocok menjadi tentara, pedagang, atau seniman. Namun yang jelas, pada dunia yang sekarang, sisi yang paling dominan adalah kreatifitas.

Hal ini sangat masuk akal, karena dunia yang sekarang begitu dinamis. Anda membutuhkan kreatifitas untuk dapat mencari kesempatan. Anda membutuhkan kreatifitas agar dapat bertahan hidup di dunia yang sekarang.

Sayangnya, banyak orang terlalu takut untuk menjadi kreatif. Mereka takut karena dengan adanya kreatifitas, lingkungan mereka menjadi berubah. Mereka terlalu nyaman dalam status quo mereka.

Banyak orang mengamsusikan bahwa kreatifitas itu sesuatu yang berbahaya. Bahwa aturan main yang berlaku adalah yang terbaik.

Lihat saja, Thomas Edison, yang ketika masa kecilnya dianggap tidak berguna karena terlalu suka berangan-angan.

Semua orang menganggap pikirannya adalah sampah, demikian juga dirinya. Tapi jika saja mereka tahu, justru pikiran-pikiran "gila" tersebut yang menjadikan Edison menjadi penemu terbesar di masanya.

Namun pada akhirnya, menjadi kreatif adalah pilihan. Anda bisa saja menjadi kreatif dan "sedikit" berbeda dengan orang lain, atau Anda hanya ingin menjadi "pengikut", atau Anda ingin menjadi pengikut yang kreatif. It's up to you!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar